Pages

05 September, 2011

Gempita Silaturahim



Idulfitri 1432 H ini jatuh pada 31 Agustus 2011. Walau begitu sudah ada yang berhari raya sehari sebelumnya. Perbedaan waktu itu membuat banyak cerita berkembang. Terutama bagi ibu-ibu yang sudah menyiapkan masakan untuk Idulfitri pada tanggal 29 Agustus 2011.
Namun lantaran lebaran tak jadi keesokan harinya, pada hari H makanan tersebut tak lagi segar. Seperti yang terjadi di rumah kami. Bahkan ada sebagian tetangga sudah kehabisan makanan yang sedianya disiapkan untuk Idulfitri lantaran dipakai untuk makan sahur dan berbuka di tanggal 30 Agustus 2011.

bersiap silaturahim
Itulah sekelumit kisah di hari raya tahun ini. Selain juga kisah mudik, macet di jalan menuju arah timur Jakarta, kecelakaan saat menuju rumah sanak famili, dan kelenggangan ibu kota yang selalu berulang setiap tahun. Kejadian yang berkesan untuk dikenang.
Pada lebaran ini, kedua mertua dan anak pertama saya, Sasha, juga tak lepas dari kegiatan mudik. Sehingga hanya saya, istri, dan si kecil Saskia yang tertinggal di rumah. Namun itu tak membuat kami sepi, sebab silaturahim ke bapak saya dan adik serta ke keluarga lainnya membuat kesan itu lenyap.
Apalagi dalam lingkungan rumah selalu ada tradisi untuk saling mengunjungi selepas shalat Ied. Semua menjadi ceria dalam kebersamaan dan kegembiraan Idulfitri. Semua orang bertukar ucapan. Saling membagi maaf. Saling berbagi rezeki. Mengumbar hari dengan silaturahim. Semua demi merayakan hari kemenangan dan berharap mendapat keberkahan kembali suci, seusai puasa Ramadhan.
Taqabalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal aidin wal faizin. Selamat Idulfitri 1432 H. Mohon maaf lahir dan batin. [sr]

ceria

tua-muda
kumpul keluarga
lingkungan rumah



No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...