Pages

11 September, 2011

Minggu Pagi dengan Soto Kwali

Memiliki rumah dekat pasar memang sering tergoda untuk mengisi pagi di akhir pekan dengan bertandang ke sana. Biasanya itu saya lakukan setelah mengajak jalan Sasha dan Saskia menikmati suasana terbitnya mentari bersama istri. Selain menemani istri belanja, kami juga mencari sarapan di sana. Ada banyak pedagang yang menjual makanan matang di pasar. Dari mulai bubur ayam sampai soto.
Nama pasarnya itu Pasar Kemiri. Letaknya di tepi jalan tanggul kali Cengkareng Drain, Jakarta Barat. Bentuknya memang pasar tumpah yang ramai hanya di pagi sampai siang hari. Namun pada malam tertentu, ada juga pedagang yang membuka dagangannya di sepanjang jalan depan pasar. Keberadaan pasar malam itu sudah berlangsung setahun lebih.
Di pagi ini, kami juga berniat untuk sarapan di pasar. kami menuju tempat penjual makanan yang jaraknya sekitar 300 meter  dari pasar. Warung makan yang menjual soto kwali.

Lokasi
Soto kwali merupakan soto berkuah bening dengan isi bihun bercampur racikan ayam suwir, sayuran kol, dan taoge. Kuah bening soto itu dimasak dalam kuali, belanga berbahan dasar tanah liat. Tungku pemanas kuali ini berbahan bakar arang. 
Biasanya, soto asal Solo ini disajikan dengan mangkuk kecil untuk menu soto campur nasi. Tapi, bisa juga disajikan terpisah dengan nasi.

Soto kwali
Harga semangkuk soto kwali Rp. 3.500,-. Untuk menemani makan soto disediakan juga lauk tambahan seperti tempe mendoan, bakwan, sate ati ampela, dan ayam goreng. Harga menu tambahan itu berkisar antara Rp 500 – Rp 3.000,-.
Kalau sedang tak masak sarapan di rumah. Saat akhir pekan, soto kwali ini memang menjadi pilihan kami mengisi pagi. [sr]

Sasha dan sotonya
Semua menikmati soto

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...