Pages

18 February, 2013

Cara Menulis yang Baik

Cara menulis yang baik

Cara menulis yang baik tentu menjadi syarat bagi seseorang yang ingin berkecimpung dalam dunia tulis-menulis. Sekarang ini, kegiatan menulis sudah marak dilakukan. Perkembangan dunia telekomunikasi dengan menghadirkan telepon selular pintar, membuat orang mudah menuangkan pikirannya ke dalam bentuk tulisan dalam beragam media sosial. Hal itu makin meluas jangkauannya setelah dibarengi dengan kemajuan teknologi internet. Kemunculan komunitas-komunitas penulisan juga menjadi ruang bagi peminat kegiatan menulis untuk mengekspesikan diri.

Dari kecenderungan itu, terlahirlah berbagai karya tulis yang termuat di media massa cetak maupun elektronik. Banyak sudah buku-buku baru yang diterbitkan oleh mereka yang sebelumnya tak pernah menulis apapun. Penerbit pun tak lagi melihat nama besar. Ketika mereka melihat ada tulisan yang berpotensi dalam penjualan, maka akan langsung diterbitkan tanpa melihat siapa yang menulis.

Di samping itu, terbukanya jaringan percetakan menjadi jalan untuk penulis dalam menerbitkan karyanya secara mandiri. Penulis bisa menentukan sendiri bakal bukunya mulai dari konsep, isi, penyuntingan, desain buku, sampai penjualannya. Peluang ini menjadi satu jalan bagi penulis untuk mempublikasikan karyanya pada pembaca.

Fenomena itu memunculkan tulisan-tulisan yang siap saji. Instan adanya. Keleluasaan berekspresi kadang tak selaras dengan pengetahuan sehingga tak jarang memunculkan tulisan asal jadi. Hal lain yang menyedihkan adalah terjadinya copy paste dari tulisan orang lain.

Menulis adalah proses belajar yang tak pernah usai. Proses itu diawali dengan membaca. Membaca adalah modal awal dari menulis sehingga tulisan yang lahir sangkil mangkus. Instan tak ada salahnya jika tulisan itu “berisi”.

Ada empat langkah dalam menulis yang baik dilakukan sebelum menuangkan ide dalam tulisan, yaitu:
  1. Pendalaman Materi
Mengumpulkan bahan tulisan, riset lapangan dan pustaka, membuat kuisioner, merumuskan hubungan-akibat, dan logika.

  1. Menyusun Materi
Berpikir kreatif dalam mengolah bahan tulisan, memilah, menggabungkannya, mencermati dari beberapa sudut, dan mendalaminya.

  1. Menentukan Arah
Memilih sudut pandang yang akan dipakai. Untuk itu harus dipisahkan mana materi yang sesuai atau tidak.

  1. Menulis
Merangkum semua dan membuat jadwal untuk menuliskannya.

Keempat langkah di atas harus dilakukan berulang-ulang sampai mahir melakukannya. Dengan demikian, ketika kelak menulis sesuatu sudah terbiasa melakukannya dengan cara menulis yang baik. [sr]

4 comments:

  1. wah sangat bermanfaat sekali ne, moga bermanfaat buat aku dan siapa saja yg meliht & mebaca artikel ini ya..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih....
    Semoga membawa manfaat.

    ReplyDelete
  3. jika diijinka, apakha boleh saya share untuk teman-teman di komunitas?

    ReplyDelete
  4. @fitria pratnasari
    Silakan saja.... Semoga memberi guna adanya.

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...