Pages

18 February, 2013

Django Unchained

Django Unchained merupakan Film daur ulang dari Film dengan judul serupa.
Ada dua hal yang akan terjadi jika membuat ulang sebuah Film.
Akan gagal menyaingi Film yang sudah ada atau sebaliknya, menawarkan sudut pandang yang berbeda dengan kualitas terjaga.
Alasan kedua itu yang terjadi dalam Film Django Unchained.


Film Django Unchained

Kisah Django Unchained dibuka dengan kejadian pada suatu malam di tahun 1858. Lokasinya di satu tempat di Texas, 2 tahun sebelum perang saudara. Saat itu, Dr. King Schultz (Christoph Waltz), seorang dokter gigi asal Jerman yang juga pemburu bayaran, bertemu dengan Django (Jamie Foxx), seorang budak berkulit hitam yang bersama budak lainnya berjalan dengan tangan dan kaki terantai besi mengikuti para pengawal,  Brother Speck, menuju kediaman pembeli budak tersebut.
Pertemuan itu disengaja oleh Dr. Schultz dengan tujuan mencari budak yang mengenali  The Brittle Brothers, tiga orang pengawas di satu tanah pertanian yang kini menjadi buronan aparat hukum. Django mengenali ketiganya. Maka dengan memaksa, Dr. Schultz membeli Django dari Brother Speck. Ketegangan terjadi karena Brother Speck tak mau menjual Django yang berakhir dengan tewasnya dua Speck bersaudara itu.
Django mengaku kalau dia dan istrinya, Broomhilda von Schaft (Kerry Washington) pernah dihukum The Brittle Brother sehingga mereka terpisah kini. Dr. Schultz sepakat akan membayar Django dan memberikan kuda padanya kalau berhasil melumpuhkan The Brittle Brother. Mereka menemukan ketiga buronan itu bekerja di pertanian Big Daddy (Don Johnson), yang juga seorang pemimpin kelompok rasis, Ku Klux Kan. Setelah menuntaskan hidup ketiga buruannya, Dr. Schultz dan Django juga menyudahi kehidupan Big Daddy yang diam-diam berusaha membunuh mereka.
Sejak kejadian itu, Dr. Schultz melihat bakat Django dalam menguasai senjata dan mengajaknya bekerja sama sebagai pemburu bayaran. Django setuju dan kesepakatan itu membawanya ke berbagai tempat untuk menuntaskan hidup para buronan dan mendapat bayaran. Sampai akhirnya, keduanya bertemu dengan pemilik pertanian Candyland yang kejam, Calvin Candie (Leonardo DiCaprio) karena diketahui memiliki Broomhilda. Django mendapat pelajaran dari Dr. Schultz dalam menghadapi Candie sebagai orang bebas yang beradab untuk menyelamatkan Broomhilda.
Quentin Tarantino memang membuat Django Unchained menjadi jauh berbeda dengan Django yang dibesut Sergio Corbucci di tahun 1966. Kepiawaian Tarantino dalam membuat Film banjir darah semacam Kill Bill dan Pulp Fiction membuat Django Unchained menjadi serupa dalam aksinya. Pencapaiannya itu pun mendapat nominasi Academy Awards 2013, memenangkan Golden Globes Awards 2013 dan BAFTA Awards untuk kategori skenario Film terbaik.
Akting semua pemainnya pun optimal. Jamie Foxx berhasil menampilkan sosok Django baru setelah Franco Nero, yang juga dihadirkan di Film ini sebagai Cameo, Amerigo Vessepi, seorang rekan bisnis Candie. Di samping itu, Christoph Waltz pun piawai memainkan peran Dr. Schultz yang sopan, terpelajar, dan dingin dalam memuntahkan peluru pistolnya ke para buronan hukum. Untuk perannya itu, dia diganjar nominasi Academy Awards 2013 untuk peran pembantu pria terbaik dan memenangkan Golden Globes Awards 2013 serta BAFTA Awards 2013 untuk kategori yang sama. Leonard DiCaprio juga patut diacungi jempol dalam beralih rupa menjadi Candie yang begis.
Bagi penikmat Film genre Western, Django Unchained yang meraih nilai 8,6 di IMdB dan meraih AFI Awards 2013 sebagai Movie of The Year, wajib masuk dalam Film untuk ditonton. Perjuangan hidup, kebebasan, dan dendam menjadi perekat cerita dalam Django Unchained. [Sr]


*Foto : http://unchainedmovie.com/

4 comments:

  1. Met sore....mana nih buku tamunya? Bbrp artikel di blog ini menarik utk dibaca. mksh udah berbagi

    ReplyDelete
  2. Moga bisa nonton ... GRATIS! ^_^

    ReplyDelete
  3. Indah P: Silakan disimak saja, saya tiadakan buku tamunya. :)
    Bhai : Ditunggu
    Bang Aswi : Asyik!

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...