Pages

28 May, 2015

Motion Comic



Kalau ditanya apa itu motion comic, jawaban sederhananya adalah komik yang digerakkan. Jadi, agak direkayasa dengan sedikit sentuhan animasi.

Berati nggak beda sama animasi dong?

Seperti saya katakan tadi, ada teknik animasi yang dipakai di sini, tapi secara bentuk riil berbeda sebab pada motion comic masih menggunakan bantuk komik still, seperti pada komik cetak, hanya bentuknya saja dipisah per frame.

Sedangkan animasi murni dibuat untuk bisa bergerak.

Gimana cara membuatnya?

Pertama, tentunya harus membuat cerita. Setelah saya membuat ceritanya. Cerita itu didiskusinya untuk eksekusi adegan per scene. 

Setelah sepakat, langkah kedua adalah membuat storyboard, per scene dari cerita yang ditulis. Bentuknya tetap mengacu pada frame komik biasa.

Untuk bagian tubuh yang musti bergerak untuk tujuan tertentu akan dibuatkan bagian-bagian gambarnya yang terpisah.

Lalu ketiga, diwarnai dan disatukan sesuai urutan cerita, tak lupa diisi suara, baik untuk ilustrasi latar maupun dialog per tokoh.

Demikianlah.

Berikut ini salah satu motion comic yang saya buat....


Idenya dari ujian nasional, lalu saya membuat cerita tentang siswa yang menganggap remeh UN setelah diumumkan pemerintah kalau UN nggak lagi menjadi syarat kelulusan sekolah.

Silakan disimak.

Kalau mau "like" di-youtube juga boleh. :)


4 comments:

  1. Kalau nggak salah digerakkannya dengan software flash apa, gitu. Aku pernah bikin script untuk pengayaan belajar anak TK dgn motin pic semacam ini

    ReplyDelete
  2. Kebetulan itu pakai software After effect @Koko nata

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. @Aira Kimberly Terima kasih sudah mampir, motion comic cuma pengembangan dari komik cetak aja kok :)

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...